Monday, March 4, 2013

Amerika Siapkan Jet yang Mampu Terbang Vertikal



TEMPO.CO, Arlington - Tinggal landas secara vertikal tidak akan lagi menjadi monopoli helikopter. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), lembaga riset pertahanan Amerika Serikat, sedang mencari insinyur aerodinamika yang mampu merancang dan mengembangkan jet tempur yang bisa terbang vertikal (vertical take off and landing/VTOL).

Tidak hanya itu, DARPA juga menginginkan jet tempur yang diberi nama X-Plane itu tetap memiliki kemampuan dasar sebuah pesawat jet, yakni mampu terbang secepat kilat dengan jangkauan area jelajah luas serta konsumsi bahan bakar sangat efisien.

Ashish Bagai, manajer program baru di Kantor Teknologi Taktis DARPA, mengatakan proyek X-Plane diluncurkan untuk menantang industri pertahanan dan insinyur untuk memikirkan pengembangan pesawat multiguna dari sisi kemampuan terbang, kecepatan, dan kapasitas angkut beban.

"Kami mencari perkawinan teknologi jet dengan teknologi baling-baling milik helikopter," kata Bagai, seperti dikutip laman Tech News Daily, Senin, 4 Maret 2013.

Militer Amerika telah memimpikan jenis pesawat canggih tersebut selama setengah abad. Namun, sejauh ini para insinyur masih gagal merancang sebuah pesawat yang mampu bermanuver dalam ruang yang sempit, mendarat di tanah yang alakadarnya, bergerak ke segala arah, dan melayang-layang di udara pada posisi yang tetap.

Bagai mengatakan, para insinyur aerodinamika bakal menghadapi hambatan desain yang rumit untuk membuat X-Plane. Di antaranya, soal bahan bakar yang efisien, kapasitas angkat yang rendah, pengendalian, kesederhanaan, dan keandalan desain.

DARPA berharap proyek X-Plane mampu menghasilkan sebuah pesawat canggih yang dapat digunakan untuk mengangkut unit pasukan operasi khusus dengan cepat dan aman. "Pesawat itu juga dibayangkan menjadi pilihan transportasi cepat yang andal serta untuk unit medis pengangkut pasien," ujar Bagai.

TECH NEWS DAILY | MAHARDIKA SATRIA HADI

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Twitter

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls