Wednesday, February 27, 2013

Kisah di Balik Wawancara Eksklusif Anas di RCTI

Mantan ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum meninggalkan gedung di Dewan Pemimpin Partai Demokrat, Jakarta, (23/02). Tempo/Dian Triyuli Handoko
TEMPO.CO Jakarta:  Anas Urbaningrumakhirnya bersuara seputar kasus korupsi dan statusnya sebagai tersangka dalam wawancara eksklusif di RCTI pada Rabu dinihari, 27 Februari 2013. Banyak masyarakat menunggu-nunggu keterangan Anas. Tapi mengapa RCTI menayangkan wawancara berjudul 'Perlawanan Anas' itu pada dinihari, bukan di prime time?Dan mengapa RCTI yang dipilih Anas sebagai media pertama yang mewawancarainya?

Dihubungi Rabu 27 Februari 2013, Pemimpin Redaksi RCTI Arief Suditomo mengatakan penayangan waktu tengah malam itu disebabkan semua acara di RCTI sudah terjadwal rapi. Bagian pemberitaan, kata Arief, tidak bisa seenaknya meminta bagian programming untuk menayangkan wawancara khusus 'Perlawanan Anas' di prime time. 

"Apalagi acara-acara itu pasti sudah terikat dengan pihak ketiga yaitu pemasang iklan. Jadi susah buat kami menggeser-geser program yang sudah terjadwal," kata Arief. 

Proses permintaan wawancara dengan Anas sendiri berlangsung relatif cepat. Redaksi RCTI mengajukan permohonan wawancara pada Ahad, 24 Februari 2013, sehari setelah Anas berpidato mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat. 

Setelah mendapat kepastian kalau Anas bersedia diwawancarai, Arief yang langsung mem-briefing tim redaksi yang ditugaskan memburu Anas. Wawancara  dilakukan pada Selasa pagi 26 Februari 2013. "Jadi inisiatif wawancara dari kami, bukan Anas," Arief menerangkan.

Dalam proses menjelang wawancara, Arief melanjutkan, Anas tidak membatasi pertanyaan-pertanyaan. Tidak ada titipan pertanyaan dari Anas dan Anas pun tidak meminta daftar pertanyaan sebelumnya. "Dalam prosesnya, kami tidak dipengaruhi Anas," ujar Arief.

Lalu, apa yang membuat Anas memilih diwawancarai eksklusif dengan RCTI? "Saya pikir pertimbangan audience share. Wajar Anas mau diwawancarai RCTI karena audience share RCTI tinggi," kata Arief. Menurut dia, audience share wawancara eksklusif itu cukup tinggi, yaitu 17 persen.

AMIRULLAH

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Twitter

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls